Saturday, June 7, 2008

Ibu Fauziah Fauzan...

Dibalik Dinginnya Padang Panjang


Coba tebak deh....siapa yang bersanding dengan gadis muda berjilbab krem??? Yang orang Padang ( sebagian mungkin ) sudah tahu.....ya....inilah sosok Muslimah Modern yang Dinamis, Optimis, Manis, Perfectionis, dan berbaju gamis....hehe...( maaf bu..kurang sopan ).

Beliau ini adalah pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang yang sangat akrab dengan karyawannya dan tentu saja murid- murid DP ( singkatan ). Beliau juga terkenal selalu tersenyum di setiap waktu, ketika berjalan sambil menyapa setiap orang dengan hangat, ketika memberikan training kepada karyawan atau siswsi- siswi yang ikut out bond. Ketika lapang atau dalam kesempitan karena ujian yang menimpa Perguruan.

Beliau adalah sosok muslimah yang tegar dan berwibawa, beliau disegani semua karyawan DP, sikapnya yang kharismatik memberikan semangat tersendiri bagi bawahannya termasuk aku. Beliau selalu berusaha mencari solusi dalam bebagai masalah, tidak hanya untuk dirinya tapi sangat memperhatikan kondisi jiwa para karyawan ataupun para siswi dilingkungan DP. Terkadang diantara keseriusan beliau selalu terselip cerita- cerita humor yang bisa menyegarkan otak. Tidak hanya di dalam, diluarpun jaringan persahabatan dengan berbagai negara dan juga kolega orang- orang yang sukses beliau perluas hingga mereka sering pula mengunjungi Pondok Modern yang terkenal tertua dan besar di Sumbar ( mungkin ).

Motivasinya yang begitu kuat ingin menjadikan DP sebagai tempat yang bisa melahirkan generasi muslimah qur'ani yang tangguh dan berakhlaq mulia, membuat beliau harus lebih selektif dalam menyaring calon guru/ pendidik bagi pondok modern DP ini. Diantara para pendidik DP atau lebih dikenal siswi- siswi DP dengan sebutan Ustadz / ustadzah ini beberapa diantaranya sebagai guru tahfidz ( hafalan qur'an) yang kapasitas hafalannya tidak diragukan lagi, bahkan ada yang murni seorang hafidz ( sudah hafal 30 juz alqur'an ).

Jika saja Anda atau siapapun yang pernah mengunjungi Pondok itu pasti Anda akan melihat betapa indah tempat itu......bangunan yang perpaduan baheula ( jaman dulu ) dan modern terlihat artistik, area perguruan yang bersih dari sampah dan jika melihat dari atas balkon asrama akan terlihat gunung- gunung yang kokoh indah mengelilingi kota Padang Panjang. Betapa Perguruan Diniyyah Putri ini sangat strategis untuk dilalui kendaraan.

Secara tersembunyi, sebenarnya aku sangat mengagumi ibu Fuziah Fauzan, SE.Akt..... ( waduh....aku lupa lagi gelar beliau euy....) yang akrab disapa Bu Zizi ini, kadang dari kejauhan aku perhatikan beliau terus yang sedang berbicara dengan orang lain, sedang berjalan. Kadang juga kuberfikir beruntung aku bisa kenal beliau walau tidak lama, ingin rasanya aku menggali ilmu lebih dalam dari beliau namun jadwal beliau begitu padat dan sulit untuk ditemui.....lebih lagi aku yang sangat canggung dengan para petinggi DP hingga jika ada masalah...kadang aku terlalu enggan untuk membicarakannya dengan beliau....sebabnya adalah rasa kaku yang terasa jika berhadapan langsung dan entah kenapa aku sangat malu bertemu beliau secara dekat....jadi jalan ter-aman aku lebih baik menghindarinya atau menunggu beliau lewat ( ih...kayak apa aja??? jadi bersikap tidak sopan neh....)

Well, kalo ditanya alasannya...pasti aku juga bingung dan tidak tau harus jawab apa.....aku memang punya " kejiwaan" yang aneh pada orang- orang tertentu yang kuanggap sangat tinggi derajatnya dan kukagumi, bukan semakin mendekatinya dengan santai malah jadi kurang sopan.....mungkin pandangan orang jadi jelek ya....tapi mau apa lagi coba ???!!! Susah sepertinya untuk mengobati sikapku yang aneh gini.

Dan itulah yang pernah jadi satu beban bagiku saat aku diuji dengan kesabaran dan komitmen, aku ternyata tak mampu mengatakan yang sebenarnya...jadi aku pasrah menerima kekalahan itu......( apa emang???). Gak dink!!

Fiuuuhh....kok tambah jauh ya ceritanya....? ah...whateverlah.....yang jelas....ilmu yang pernah kudapat dari beliau meski sedikit....insyaAlloh akan terbawa selalu dilubuk hati dan ingin aku mewujudkan impianku seperti perjuangan beliau mewujudkan impiannya..................

Intansurullooha Yansurkum Wayutsabbit Aqdaamakum.....


( foto : Bu Zizi dan Ade Rahma Yuly )

DP in Memorian


Bu, aku ingin seperti ibu....kapan ya??

6 comments:

ROe Salampessy said...

jadilah Muslimah sejati neng. Sungguh langkah di negeri ini seorang wanita yang menjaga Agamanya dengan benar.

wassalam
ROE

ROe Salampessy said...

oyah neng, udah aku add blog kamu di blog aku, coba deh di lihat.

ROe Salampessy said...

oyah, caranya add link orang, masuk ke layout / tata letak, tinggal klik di tambahkan elemen halaman atau ADD page pada sidebar kanan. nyari daftar link. selesai deh, tinggal masukin link2 orang. dicopy aja trus di paste. okey neng. kalo salah maaf yah.! bukan ahlinya.

satu lagi nih neng, koq gak ada shoutboxnya, sengaja yah.!

ROe Salampessy said...

yang di copy itu url orang trus di paste di URL baru, nama situs baru itu buat identitas URL tadi.

contoh
URL situs baru = www.anazampalex-tulisan.blogspot.com

nama situs baru = ROE

paham kan neng.!


kalo Southbox itu, kotak pesan, biar kalo saya mau nyapa neng gak perlu lewat komentar kayak gini. caranya mungkin agak sulit, kecuali neng di ajarin langsung. tapi entar aku bikir cara muda deh biar bisa.

oyah, bicara di kotak pesan aku aja yah. di blog aku

Anonymous said...

wah ade kmn aj slm ini?
y de kak stj gengan pendapatny kak jg msh blm puas belajar d dinput tuh
aplg pas ada traning dr bu zizi wah msh kepingin nih bukkk?? kapan lg buk?
ade dm skr?

Kisah Fajr said...

ummy sitroh, masih kah ingat dengan murid mu rahmi yuwan?? apa kabar ummy?

^_^

sama ummy, kita2 sma2 mengagumi bu zizi...
semoga kita jg bs sperti beliau dan lebih baik..amin..